Jumat, 12 Januari 2018

Tips Masuk SMK NEGERI

Assalamualaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh..
Halo teman-teman,
Di blog ini saya akan memberikan singkat cerita saya waktu memasuki Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Sebelumnya blog ini saya revisi karena bertambahnya tahun pasti ada perbedaan syarat-syarat untuk memasuki sekolah.

Ada alasan tersendiri saya ingin menulis blog tentang ini. Karena saya di tahun 2015 memasuki SMK dan di tahun 2018 LULUS dari SMK. Status saya sekarang sebagai Mahasiswa. Selamat berjuang adik-adik dan sukses juga buat teman-teman Angkatan tahun 2017/2018!

Apasih itu SMK?
Sekolah Menengah Kejuruan kalian banyak belajar seru disekolah dijenjang ini. Kalian akan sedikit belajar teori dan akan banyak praktek (seru banget, menantang). Biasa saya sebut “learn it while doing practice. (belajar sambil melakukan praktek)”.

Pada waktu itu saya sempat bingung ketika sudah di nyatakan lulus dari SMP. Saya harus melanjutkan sekolah ke jenjang SMA/SMK. Pada awalnya saya ingin sekali masuk SMA, kekeh banget sampai saya coba datangkan ke SMA Favorit di Kota Tangerang, membawa sertifikat tingkat Provinsi. Waktu SMP saya mengikuti ekskul PMR lalu saya mengikuti kegiatan JUMBARA II di Banten. Oke fokus, keinginan untuk masuk SMA tersebut melalui jalur prestasi.
Tapi apa boleh buat, ini kehendak Allah. Saya di tolak, karena pendaftarannya sudah ditutup.

Lalu saya berfikir dan bingung. Apakah mungkin saya akan masuk SMK? Karena tidak ada pilihan lain. Dan apa saya mampu masuk SMK? Jawaban semua itu terjawab setelah saya menunaikan ibadah Shalat Maghrib. Besok saya harus datang ke SMKN 1 Kota Tangerang. Di Jl. Perintis Kemerdekaan II, Cikokol, Tangerang.

Pada saat itu saya hanya berdua bersama teman saya. Saat puasa, ya saya ingat itu disaat puasa daftar datang ke sekolah tersebut. Ramai, sumpek, panas, haus, lelah. Tapi saya harus kuat, harus bisa menghadapi itu semua. Di awal pendaftaran itu saya sempat bingung karena di sekolah SMKN 1 Kota Tangerang memiliki lima jurusan yaitu :
1. Akuntansi (AK) 90%
2. Administrasi Perkantoran (AP) 80%
3. Pemasaran (PM) 70%
4. Multimedia (MM) 85%
5. Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 85%

Seiring berjalannya waktu, perubahan disetiap sekolah pasti selalu dilakukan untuk kemajuan pendidikan yang lebih baik. Jadi, untuk teman-teman yang mau memasuki SMK N 1 Kota Tangerang ada perubahan nama-nama jurusan, seperti ini:
1. AKL (Akuntansi Keungan Lembaga)
2. OTKP (Otomatiasasi Tata Kelola Perkantoran)
3. BDP (Bsinis Daring Pemasaran 
4. MM (Multimedia) 
5. TKJ (Teknik Jaringan Komputer)

Nah, untuk teman-teman yang sudah di nyatakan LULUS dari SMP atau masih bingung nanti setelah SMP mau ke jenjang ke mana, perhatikan baik-baik untuk memilih jurusan di SMK.

Carilah peluang jurusan yang memungkinkan kalian supaya lolos di jurusan tersebut. Jadi gini, di SMKN 1 Kota Tangerang kalian boleh memilih maksimal 2 jurusan. Disini kalian harus bisa memilih jurusan yang memungkinkan kalian agar lolos di jurusan tersebut. Misalnya :
Jurusan yang dipilih :
      - Akuntansi (90%)
      - Administrasi Perkantoran (80%)

Bisa di lihat Akuntansi peluang Akuntansi sempit atau kecil dan akan lebih sulit juga untuk memasuki jurusan tersebut. Sedangkan Administrasi Perkantoran lebih rendah di banding Akuntansi.

Oke, apabila ketika kita ambil Akuntansi (tes gagal) maka kamu kemungkinan di jurusan Administrasi Perkantoran (lolos). Mengerti? Berarti disitu nama kamu akan beralih ke jurusan kedua.
Oke satu lagi. Contohnya saya, pada saat itu saya mengambil jurusan Administrasi Perkantoran dan Multimedia. Beberapa ilmu aja nih ya, untuk yang minat di jurusan Multimedia, kalian akan di tes warna oleh indera mata kalian terlebih dahulu. Tesnya mudah dan harus fokus.

Naahh, disini sempat terkecoh. Untung saja saya di pertemukan oleh satpam sekolah katanya seperti ini “dek, kalau mau ambil jurusan dari tinggi ke rendah, jangan rendah ke tinggi.” Disitu saya sempat bingung. Apa maksudnya? Saya terdiam disitu.
Akhirnya saya menemukan jawabannya. Saya harus ganti jurusan, dari tinggi ke rendah. Teman-teman mengerti? Begini, pada saat itu saya memilih jurusan seperti ini :
- Administrasi Perkantoran (80%)
- Multimedia (85%)

Nah, disitu saya memilih dari rendah ke tinggi. Jadi, apabila saya di Administrasi Perkantoran (tes gagal) maka di jurusan Multimedia (tersingkirkan/tidak lolos) karena Multimedia peluangnya sempit atau kecil. Tamat sudah pilihannya.
Ketika saya memilih untuk mengganti berkas dan mengganti pilihan jurusan, akhirnya saya memilih:
- Administrasi Perkantoran (80%)
- Pemasaran (70%)

Daannn Alhamdulillah saya di nyatakan Lolos, awalnya saya mencari nama saya secara online saya cek di pilihan pertama, Administrasi Perkantoran (nama saya tidak ada) saya pesimis dan bingung, nah lalu saya cek lagi di pilihan kedua saya, Pemasaran (lolos, nama saya ada di urutan ke 60an) keren, tidak itu hanya keuntungan. Karena passing grade dan peluang itu sebagai patokan kalian juga untuk menentukan lolos tidaknya memasuki jurusan tersebut.
Ada berapa kelas sih kak kalau di SMKN 1 Kota Tangerang?

Tahun 2015
AKUNTANSI
AK 1, 2, 3
ADM. PERKANTORAN
AP 1, 2, 3, 4
PEMASARAN
PM 1, 2, 3
MULTIMEDIA
MM 1
TEKNIK KOMPUTER JARINGAN
TKJ 1, 2

Tahun 2016
AKUNTANSI
AK 1, 2, 3
ADM. PERKANTORAN
AP 1, 2, 3, 4
PEMASARAN
PM 1, 2, 3
MULTIMEDIA
MM 1, 2
TEKNIK KOMPUTER JARINGAN
TKJ 1, 2

Tahun 2017
AKUNTANSI
AK 1, 2, 3
ADM. PERKANTORAN
AP 1, 2, 3, 4
PEMASARAN
PM 1, 2, 3
MULTIMEDIA
MM 1, 2
TEKNIK KOMPUTER JARINGAN
TKJ 1, 2

Tes di SMK meliputi apa saja sih kak?
Oke, ini pertanyaan yang sering saya dengar di telinga saya. Tes yang di lakukan ada dua tahap :
Ini tes yang pernah saya alami ketika tahun 2015 lalu,
- Tes Tertulis
   Di tes tahap pertama ini teman-teman akan di hadapkan langsung oleh banyak soal, kategorinya         umum.
- Tes Wawancara
   Di tes tahap kedua ini teman-teman akan berhadapan langsung oleh guru-guru yang ada di SMK N   1 Kota Tangerang. Tes wawancaranya seperti biasa, harus berani berbicara dan relax dalam                 menghadapi lawan bicara. Sedikit bocoran tes wawancaranya berbicara memakai Bahasa Inggris dan berhitung Matematika.

Kamu bisa lolos apabila:
-          Nilai ujian tertulis lebih tinggi daripada wawancara
-          Nilai wawancara lebih tinggi daripada tertulis
-          Nilai tertulis dan wawancara seimbang

Jadi, kalian harus bisa menyesuaikan keadaan nilai kalian, karena itu faktor lolos atau tidaknya tentang kelulusan tersebut.
Seperti itu gambaran untuk teman-teman yang berminat melanjutkan ke jenjang SMK, passing grade dan peluang itu memang penting. Tapi jangan ketergantungan juga, karena kalian harus tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai apa yang diinginkan. Jangan lupa berdoa dan berusaha!

Itu dia pengalaman saya ketika masuk SMK NEGERI. Semoga penjelasan tadi dapat menambah ilmu teman-teman dan harus lebih bijaksana dalam memilih. Jangan sampai salah, karena masa depanmu ada di tanganmu sendiri.


Terima kasih sudah  berkunjung ke blog saya.
Sekian dari saya, Wassalamuaalaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh..

Mau tanya-tanya?
Silahkan mampir di

9 komentar:

  1. Ka kira² tes bahasa Inggris itu apa aja yg di tanyakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berhitung, menjawab pertanyaan hobi buku kesukaan dan alasan masuk ke sekolah tsb :)

      Hapus
  2. Hai kak, Apakah saya boleh tau dulu nem kaka berapa pada saat lulus smp berapa?

    BalasHapus
  3. Hai kak,mau nanya kalo tes tertulis apa aja yg di pertanyakan,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sampai 100 soal, tentang umum, matematika, tes IQ, kira-kira seperti itu

      Hapus
  4. Pertanyaan nya itu sesuai pilihan jurusan kita ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan bebas, seputar matematika dan bahasa inggris

      Hapus
  5. Kak tau berapa persen berapa persennya itu dari mana

    BalasHapus